DONGENG SEBELUM TIDUR

Kisah Kelinci dan Burung Kenari

download

Pada suatu hari di sebuah hutan yang sangat lebat , hiduplah berbagai macam hewan disanamulai dari semut, gajah, harimau, kelinci,singa, dan masih banyak hewan lainnya. Pada suati hari ada bencana besar yang akan menimpa hutan tersebut, bencananya adalah kemarau panjang. Semua hewan panik, dan mulai menyiapkan persediaan makanan untuk dimakan saat musim kemarau itu tiba.

Tetapi ada ada seekor burung kenari yang tidak mau mencari makanan. Ia malah asik berkicau riya kesana kemari. Ia pun di tegur oleh si kancil, “ hai burung kenari, kenapa kamu tidak mencari makan, untuk persediaan kemarau?”. Burung kenari pu menjawab “ saya lebih suka berkicau kancil, dan saya bisa terbang, jika akan ada musim kemarau saya bisa terbang mendatangi tempat yang masih ada makanan”.

Setelah di tegur kancil, burung kenari tidak mencari makan malah masih asik berkicau. Dan burung kenari berkata, “bahwa tidak ada kicauan yang bagus, kecuali kicauan saya,”

Gajah yang mendengarnya langung menjawab,”eh burung kenari jangan sombong kamu, lebih baik sana mencari makan,”. Biarpun di tegur semua penduduk hutan burung kenari tetap mengabaikan sema omongan penduduk hutan.

Tiba- tiba beberapa hari kemudian datanglah musim kemarau. Semua tanaman seperti buah-buahan yang ada di hutan sudah tidak ada. Daun-daun yang dulu tampak hijau sekarang menjadi kering dan bergururan.

Burung kenari kebinggungan mencari kesana kemari buah-buahan atau tumbuhan yang bia ia makan. Tetapi burung kenari tidak dapat menemukan, bahkan ia tidak menemukan sedikit air dimanapun.

Karena ia kebingungan ia terpaksa harus meminta bantuan pada penghuni hutan. Tetapi tidak ada yang membantu. Karena tidak ada yang mau menolong, burung kenari pun menahan lapar.

Setelah dua hari kemudian, burung kenari benar-benar sangat kelaparan. Ia pun menangis di atas pohon. Si kancil yang lewat mendengar suara tangisan itu dan berusaha mencari tahu siapa yang menangi.

“tolong..tolong…tolong aku, aku benar-benar kelaparan”, teriak si burung kenari dari atas pohon. Lalu si kancil melihat ke atas pohon. “sepertinya kamu benar-benar kelaparan ya burung?”, tanya kancil dari bawah.

“siapa kamu?” tanya burung kenari dari atas pohon.

“saya adalah kelinci, burung”. Jawab kancil.

Dengan rasa malu burung kenari pun turun dari pohon dan menghampiri kancil dan meminta tolong kepada kancil. “tolong aku kelinci,aku minta maaf karena waktu aku tidak mendengarkan perkataan kamu”. Si kancil pun menolong burung kenari dengan memberikan sedikit makanannya dan air kepada burung kenari. “makanya jadi makhluk hidup jangan keras kepala dan sombong”. Kata kancil kepada burung kenari. “iya kancil aku tidak akan keras kepala dan aku akan bekerja keras, tidak malas-malasan”. Ucap burung kenari.

Nah, hikmah yang bisa kita ambil dari dongeng di atas adalah, kita tidak boleh sombong, harus bekerja keras tidak malas-malasan dan saling membantu. Intinya semua maklik ciptaan tuhan harus saling menghormati, menghargai, tidak sombong, dan selalu bekerja keras.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s